Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Sekitar Rumah

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Tanaman Hidroponik – Tulisan kali ini akan membahas secara detail cara membuat tanaman hidroponik sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Di era modern saat ini mendapatkan sayuran segar yang bebas dari pestisida sangatlah susah. Jika ingin mendaptkan sayuran tersebut, cara paling mudah adalah dengan menanam sayuran sendiri di sekitar rumah. Masalahnya, bagaimana bila tidak mempunyai cukup lahan untuk menanam sayuran tersebut? Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menanam sayuran di lahan terbatas, yang paling populer saat ini adalah dengan cara hidroponik.
Hidroponik adalah cara bercocok tanam dengan menggunakan media tanam selain tanah. Dengan teknik ini Anda masih bisa menanam tanaman meskipun tidak memiliki lahan tanah yang luas. Biasanya media tanam yang sering digunakan dalam membuat tanaman hidroponik adalah cocopeat, pasir kerikil rockwool, untuk media tanam hidroponik yang lain baca 6 jenis media tanam hidroponik.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Cara Mudah

Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik
Membuat tanaman dengan cara hidroponik bisa Anda jadikan sebagai aktifitas selingan dalam mengisi waktu luang. Dengan kesibukan ini akan membuat Anda lebih rileks, sejenak melepaskan diri dari rutinitas yang membosankan. Untuk membuat tanaman hidroponik hanya diperlukan beberapa bahan yang bisa di dapatkan di toko peralatan atau dengan memanfaatkan barang bekas berupa botol plastik, gelas plastik, jerigen, dan masih banyak bahan lainnya.
Jenis tanaman sayur yang bisa ditanam dengan cara hidroponik juga beraga, mulai dari kangkung, bayam, sawi, seledri, kemangi dan berbagai jenis tanaman lain. Selain itu tanaman sayur ini bisa sekaligus dijadikan tanaman hias di sekitar rumah. Dengan begitu, selain bermafaat untu dikonsumsi sayuran hidroponik bisa dijadikan salah satu alternatif pengganti tanaman hias. Lalu bagaimana cara membuat tanaman hidroponik? Tenang saja, cara mudah kok, ikuti saja petunjuknya di bawah ini.
Sebelum mulai untuk membuat tanaman hidroponik, siapkan peralatan di bawah ini.
1. Kain untuk sumbu bila ada gunakanlah kain panel
2. Gelas plastik
3. Botol plastik
4. Jerigen
5. Nutrisi hidroponik
6. Media tanam yang terdiri dari aram sekam, pecahan batu bata, kerikil, rocwool ataupun pasir.
Untuk media tanam yang digunakan, Anda bisa memilih salah satu media tanam yang disebutkan di atas. Pastikan media tanam yang Anda gunakan mempunyai poros sehingga air dan nutrisi yang diberikan bisa diserap dengan optimal dan bisa menopang pertumbuhan tanaman dengan baik. Selain itu penggunaan nutrisi hidroponik juga harus diperhatikan, karena inilah yang menjadi sumber makanan bagi tanaman yang dibididayakan.

Tahapan Cara menanam hidroponik

1. Penyemaian Benih Tanaman

Menyemaikan Benih Hidroponik dengan Media Rockwall
Menyemaikan Benih Hidroponik dengan Media Rockwall
Sebelum di tanam menggunakan media hidropnik, sebaiknya bibit disemaikan terlebih dahulu dengan menggunakan tray atau wadah semai. Gunakan bibit yang tingkat pertumbuhannya mencapai 80%. Media semai yang paling sering digunakan adalah rockwall. Media semai yang satu ini sangat praktis untuk digunakan, selain memiliki daya serap air yang tinggi, rockwall juga sudah steril dari kuman dan penyakit. Setelah benih sudah tumbuh dan cukup umur, barulah dipindahkan ke media tanam hidroponik.

2. Menyiapkan Media Tanam Hidroponik

Media Taman Hidroponik Hydroton
Banyak sekali jenis media tanam yang bisa Anda gunakan untuk tanaman hidroponik. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli di toko pertanian atau membuatnya sendiri di rumah.  Buatlah campuran dari sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil. Tempatkan media tanam yang telah dibuat pada wadah yang akan digunakan untuk menanam. Bisa menggunakan botol bekas, pipa paralon atau media lain yang tersedia di sekitar tempat tingga Anda.

3. Pemberian Nutrisi Hidroponik

Pemberian Nutrisi Hidroponik dengan Sistem Sumbu
Pemberian Nutrisi Hidroponik dengan Sistem Sumbu
Pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik sangatlah penting. Seperti yang sudah diketahu bahwa cara menanam hidroponik tanpa menggunakan tanah, sehingga cadangan makanan untuk tanaman sangat terbatas. Oleh karena itu Anda harus memberikan nutrisi hidroponik sesuai dengan kebutuhan tanaman. Nutrisi yang diberikan biasanya berupa nutrisi cair, sehingga mudah diserap oleh tanaman. Cara pemberian nutris bisa dilakukan dengan cara di siram manual setiap pagi atau sore hari. Bila ingin prkatis, Anda bisa menggunakan sistem sumbu (lihat gambar).

4. Perawatan Tanaman Hidroponik

Melakukan Perawatan pada Tanaman Hidroponik
Melakukan Perawatan pada Tanaman Hidroponik
Cara merawat tanaman hidroponik tidak berbeda jauh dengan cara merawat tanaman biasa. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penyiraman setiap pagi atau sore hari, membersikan gulma yang menggangu tanaman serta memberikan pupuk secara berkala.
Semoga artikel tentang cara membuat tanaman hidroponik inii bisa membantu Anda dalam mempelajari tanaman hidroponik. Jangan lupa prkatek di rumah masing-masing ya. Mari hijaukan tempat tinggal kita dengan tanaman hidroponik.

Related : Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Sekitar Rumah

0 Komentar untuk "Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Sekitar Rumah"

TOKO KAMI MENYEDIAKAN BERBAGAI MACAM KEBUTUHAN PERTANIAN-SEPERTI : Pupuk,Obat-Obatan,Dan Alat - Alat Pertanian.DATANG DAN BUKTIKAN SEKARANG JUGA KE TOKO KAMI.KAMI SELALU MENGUTAMAKAN KEPUASAN PELANGGAN
DATANG LANGSUNG KE TOKO KAMI
TOKO ARGA TANI GIRITIRTA
ALAMAT :
TOKO
JLN. Raya Giritirta Sarwodadi/Barat MIM Giritirta -+200mtr.Lihat Papan Nama UD ARGA TANI GIRITIRTA